Monday, March 7, 2011

Tentang Game, part III (Implementasi pada game Tycoon)

Untuk lebih memahami pembahasan sebelumnya, kali ini saya akan sedikit mencoba untuk menganalisis
sebuah game, check this out!MySpace

sekilas tentang Game Tycoon dan Ilustrasinya

Tycoon adalah kata lain dari Taikun atau Shogun (Jepang) yang artinyatuan tanah atau pemimpin. Seiring perkembangan, istilah ini digunakan untukgame yang bersifat Economic-Simulation Game, sehingga muncullah game-gametycoon seperti Monopoly Tycoon dan Fairy Godmother Tycoon. Game-game Tycoon mempunyai beberapa karakteristik yang memisah-kan mereka dengan jenis-jenis yang lain, antara lain sebagai berikut :
a. Game Tycoon termasuk dalam Economic-simulation Game, di mana dalamgame ini terdapat simulasi keadaan ekonomi dan manajemen, termasuk didalamnya hal produksi, distribusi, marketing, recruitment, dan lain-lain.
b. Jenis game ini bersifat TBS atau Turn Based, di mana setelah terjadipengaturan manajemen, baru timeplay dijalankan.

Ilustrasi untuk game sudah sangat berkembang seiring perkembangan pemrograman dan munculnya program-program untuk menciptakan model-model3D maupun 2D yang terlihat seperti 3D.

Tata Cara Permainan Game Elf’s Dessert Tycoon

a. Developer

Proyek desain ilustrasi ini adalah proyek riil yang disponsori oleh pihak developer, yakni Herry Yohanes, pemilik Yellow Cat Games online, berdomisili di Jl. Sutorejo Selatan II no 4 Surabaya, dengan nomer telepon (031)5933156.

*nah, ini berbicara tentang sang game designer..

b. Main Characters

Pemilihan karakter adalah permintaan dari pihak developer, yang mengharuskan Elf dan Dwarf yang menjadi tokoh utama. Elvander si Elf, adalah makhluk fantasi berbadan langsing, tubuh tinggi, bertelinga panjang dan lancip, dan cerdik. Dwargon si Dwarf, adalah makhluk fantasi berbadan gemuk, tubuhlebih pendek, bertelinga pendek dan lancip, serta cukup cerdik pula.

*kalo yang ini, adalah tugas game artistnyaMySpace

City Maps

Dalam desain ilustrasi ini hanya akan dibuat dua buah city map sebagai contoh. Untuk penambahan jumlah map akan dikonfirmasi lebih lanjut pada perkembangan game ini nantinya dengan pihak developer. Dua map yang dibuat adalah sebagai berikut :

a. Kota Kitchenia, yang rumah penduduknya berupa peralatan dapur. Di kota ini terdapat toko dan pabrik dari Elf dan Dwarf, serta satu toko bahan.

b. Kota Orientalia, yang rumah penduduknya berupa bangunan khas Cina- Jepang. Di kota ini terdapat toko dari Elf dan Dwarf, serta satu toko bahan.

*ini salah satu tugas graphics engine progammer!

Pergantian Waktu

Pergantian waktu berjangka waktu satu minggu. Jika player tidak pindah kota maka waktu tidak berjalan, tetapi dalam Graphic User Interface akan ada tombol Start Day” yang fungsinya adalah menjalankan waktu dalam kota itu selama satu minggu ke depan. Jika player pindah ke kota lain dengan menekan tombol Move”maka waktu akan berjalan sesuai dengan lama perjalanan yang dibutuhkan untuk ke kota lain tersebut.

*hmmMySpace ini buatan scripter pastinya..kita jadi tau alur game tersebut.

Prolog dan epilog

a. Prolog. Pada page satu, Elf datang ke toko yang dijual, lalu dia berpikir untuk membuat toko dessert. Pada page dua, waktu pasang spanduk, datang Dwarf yang baru tiba di kota itu dan marah-marah pada Elf yang dianggap menyabotase usaha Dwarf. Elf segera melempari Dwarf dengan kue sampai Dwarf tidak berkutik lagi. Lalu pada page tiga, Dwarf berjalan menjauh dengan mendongkol, sambil bersumpah akan membalas dendam.

b. Epilog

Jika Elf yang menang, maka player akan mendapat ilustrasi Elf mengusir Dwarf. Begitu juga sebaliknya kalau Dwarf yang menang, player akan mendapat ilustrasi Dwarf mengusir Elf

*woow, alur cerita dalam game yang unik adalah hasil si http://www.smileycodes.infogame designer!

Itu sekilas dibalik game tycoon. semoga ketiga artikel tentang game ini bisa bermanfaat untuk siapa saja yang membacanya yaa! see yaaaa!http://www.smileycodes.info


sumber:http://docs.google.com/viewer?a=v&q=cache:gClqJyOZ08wJ:digilib.petra.ac.id/jiunkpe/s1/jdkv/2008/jiunkpe-ns-s1-2008-42404171-10829-elf_tycoon-chapter2.pdf+game+adalah&hl=id&gl=id&pid=bl&srcid=ADGEESi3hIih_v2C2s_nReDu0yzCU6GCsW6hS_6wp075CHr9_w32i1E7ATdg_9t7NYlwBZFJzkQfD5Kl14wUB2ZYJ5HaQAs7wtnNrNdlOHwfUdWR3vUwSUic6G2Wa6nLsGrj1VhjvkkQ&sig=AHIEtbSVUzfIisb9vcnXhLeOgYhVIEptjQ&pli=1

0 comments:

Post a Comment