Saturday, March 5, 2011

Tentang Game, part I

GAME? wow, apa yang kalian pikirkan kalo denger kata yang satu ini?MySpace main, seneng-seneng, buang waktu, hmm.... tapi pernah engga pengen tau siapa pembuatnyaa, gimana cara buatnya, orang-orang dibalik suatu game, idenya dari mana.. waahh ternyata banyak banget yang kita engga tau dibalik sebuah game yang sering kita mainin, kita cuma tau mainnya aja, tanpa peduli apa sih yang ada dibalik game itu sendiri.. kita bahas sedikit yuuuk~~~MySpace

Game itu sendiri aktivitas terstruktur atau semi-terstruktur, yang biasanya dilakukan untuk bersenang-senang dan kadang juga digunakan sebagai alat pembelajaran (Wikipedia, par. 1). Sebuah game bisa dikarakterisasi dari “apa yang pemain lakukan.” Hal-hal tersebut adalah sebagai berikut :
  • 1. Peralatan, seperti bola, kartu, papan dan pion, atau sebuah komputer.
  • 2. Peraturan, biasanya menentukan giliran permainan, hak dan keharusan masing-masing pemain, dan tujuan permainan.
  • 3. Skill, strategi dan keberuntungan. Game dengan skill misalnya dengan kekuatan fisik, seperti gulat, menembak, dan kekuatan mental seperti catur.
  • 4. Single Player Game (permainan satu orang). Permainan tunggal ini adalah permainan dengan keahlian, berpacu dengan waktu atau keberuntungan.

Game juga terbagi dalam beberapa jenis sebagai berikut :
• Permainan papan atau board games
• Permainan kartu atau card games
• Video games dengan komputer atau alat elektronik untuk game lainnya.
• Game dengan media komputer disebut juga Computer Game.

Game juga bisa berbahaya karena bikin kita ketergantungan, bisa jadi kebutuhan dan kehilangan dengan interaksi sosial sesungguhnyaMySpace. Manusia memang makhluk masyarakat yang memiliki jaringan, kebutuhan dan tatap muka sebagai nafas dinamika kehidupan. Tapi sejalan dengan perkembangan teknologi, game (media) secara perlahan mengambil alih hal tersebut, dan mengintegrasikan kepentingannya dalam dunia virtual. Jadi jelas game ada hal positif dan negatifnya, waaah secara diam-diam agak menusuk dari belakang juga yaaa...

Naah, kali ini kita bahas tentang computer game, berhubung saya sendiri juga kuliah di bidang komputer :D
Didalam sebuah game, ada beberapa orang-orang ahli yang berperan penting, misalnya composer, artist, game designer, dan progammer game itu sendiri.
1. Progammer -> hmm dari namanya aja kita udah bisa tau, siapa orang ahli ini, progammer adalah orang yang bertugas menciptakan sebuah game melalui media bahasa pemrograman yang nantinya bisa jadi aplikasi/ perangkat lunak game. Progammer juga terdiri dari 1 team yang tugasnya beda-beda, misalnya:
• Physics Engine Programmer, orang ini bertugas membuat supaya game itu sendiri terlihat nyata, waah pasti game akan jadi lebih seru kan kalo kayak beneran
MySpace
• Graphics Engine Programmer, dari kata-kata grafis, usah jelas kalo orang ini yang membuat tampilan game jadi menarik, kalo tampilan game bagus, pasti konsumen akan lebih tertarik untuk mainin permainannya kaan..
• Artificial Intelligence Programmer, naah kalo yg sati ini, penting banget untuk sebuah game, karena dia yang bertugas membuat sebuah game itu jadi lebih menantang karena ada lawan dalam permainan tersebut.
• Sound Programmer, progammer ini bertugas menciptakan efek-efek suara supaya game jadi lebih hidup dan lebih ekspresif. Suara dalam game jadi bersih, enak didenger, dan sesuai sama alur cerita game itu sendiri, orang ini juga pasti bekerja sama dengan composer dari game itu sendiri yang bertugas membuat lagu/ musik-musiknya.
• Game Play Programmer, orang ini jenius! Dia bikin kita susah bangetMySpace untuk menyelesaikan suatu permainan karena tugasnya bikin logika dan permasalahan dari sebuah game untuk kita selesaikan,MySpace cool kan?MySpace
• Scripter, hmm kalo yang satu ini, dia yang membuat kita bisa memainkan game sesuai dengan alurnya, jadi kita tau apa yang harus kita lakukan dalam game tersebut.
• Network Programmer, orang ini jelas membuat game bisa terhubung ke dalam sebuah jaringan atau internet.
• Porting Programmer, yang bisa membuat sebuah game dapat dimainkan dalam sebuah platform misalnya untuk komputer didalam os windows, atau Wii.
Daan masih banyak lagi seperti:
• Game Tools Programmer, Game Engine Programmer, UI Programmer, Input Programmer, Technology Programmer, Generalist, dan Lead Game Programmer.

2. Game designer -> design, mendesain, nah absolutely dialah orang yang merancang desain dari sebuah game, orang ini juga membuat alur cerita dalam sebuah game, jadi kita sebagai pemain akan lebih tertarik untuk memainkan game tersebut. Game designer pun dapat dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu seorang lead design , Game mechanic designer, Level Designer or environment designer, dan Writer. Mereka bekerja team membuat sebuah skenarioMySpace dalam sebuah game yang nantinya akan bekerja sama juga dengan game artist untuk membuat karakter dalam sebuah game yang bisa berinteraksi satu sama lainnya.

3. Game artist -> seperti yang udah saya bahas sebelumnya, orang ini bertugas membuat karakter-karakter dan tampilan dalam sebuah game, jadi nantinya ilustrasi yang udah dibuat sama pendesain game akan sesuai dengan alur ceritanya.MySpace

4. Composer -> kalo kata yang satu ini pasti udah engga asing lagi kan? Yaaa, orang ini bertugas mencipatakan lagu/ musikMySpace yang akan di arransemen di dalam sebuah game itu sendiri. Bayangin kalo game engga ada suaranya, pasti ada yang kurang kan?
Dia bertugas meramu atau mengatur music agar dapat berpadu dengan game yang dibuat. Music disini member efek beraneka ragam. Misalnya kalo gamenya bergenre horrorMySpace, pasti musiknya akan terdengar gelap, suram, sehingga kita sebagai pemain bisa terbawa suasana dalam alur game tersebut. Composer sendiri menyempurnakan tugas ketiga orang sebelumnyaMySpace

Referensi:
-http://first-things-first.blogspot.com/2005/12/game-sebuah-revolusi-provokasi.html
-http://en.wikipedia.org/wiki/Game_programmer
-http://digilib.petra.ac.id/viewer.php?page=1&submit.x=0&submit.y=0&qual=high&fname=/jiunkpe/s1/jdkv/2008/jiunkpe-ns-s1-2008-42404171-10829-elf_tycoon-chapter2.pdf

0 comments:

Post a Comment